KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA

DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI

KANTOR WILAYAH DJBC JAWA TIMUR II

KPPBC TIPE MADYA CUKAI KEDIRI




Artikel


Menyambung Rasa Perkuat Kinerja

...
21/10/2020
sapriyanto

Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai (KPPBCTMC) Kediri merupakan sebuah kantor perwakilan Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) yang membawahi wilayah kerja meliputi Kediri, Nganjuk, dan Jombang. Kantor ini menjalankan tugas dan fungsi untuk memungut dan mengumpulkan penerimaan negara berupa bea masuk dan cukai. Pengawasan juga dilakukan terkait perdagangan barang impor lewat kantor pos, dan yang menjadi fokus utama adalah peredaran barang kena cukai (BKC) illegal.  

Dalam rangka reformasi birokrasi di lingkungan Kementerian Keuangan, maka dibentuk beberapa tipe kantor modern. KPPBC Kediri yang semula Tipe A3 telah ditetapkan menjadi Tipe Madya Cukai berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan nomor 87/PMK.01/2008 tentang Organisasi Dan Tata Kerja Instansi Vertikal DJBC Operasional mulai tanggal 1 September 2008 dengan Keputusan Direktur Jenderal Bea dan Cukai nomor KEP-50/BC/2008. 

Pelayanan dan pengawasan cukai industri rokok yang telah ada sejak tahun 1950-an bisa dibilang adalah fokus utama pelaksanaan tugas dan fungsi kantor perwakilan bea dan cukai ini. Rokok memang produk andalan dari kota santri yang terletak di delta Sungai Brantas ini. Meski mendominasi persentase pengguna jasa di kantor ini, pengusaha hasil tembakau bukan satu-satunya produsen  yang hasil produksinya masuk dalam pengawasan dan pelayanan cukai. Kantor ini juga melakukan pelayanan dan pengawasan cukai dari hasil produksi pabrik ethyl alcohol yang ada di wilayah kerjanya. Kesemua hal tersebut menjadi kekhasan tersendiri dibanding kantor perwakilan bea dan cukai yang terdapat di kota lain di Indonesia. 

Bebas korupsi, bersih melayani

Prestasi membanggakan kerap diraih kantor yang berlokasi di Jalan Diponegoro Kediri ini. Mulai dari menjadi kantor percontohan di tahun 2009, hingga mendapat Piala Citra Pelayanan Prima dari Presiden di tahun 2010. Tak heran, saat Kementerian Keuangan mengamanatkan seluruh kantor di lingkungannya menjadi zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBK/WBBM), KPPBC TMC Kediri tak ketinggalan untuk ambil bagian. 

Komentar